22 Agustus 2011

Resume Pertemuan keempat Kajian intensif Kitab Iman karya DR.Muhammad Na'im Yaasiin

Bismillahirrahmaanirrahim...

Ikhwah Fillah peserta kajian, berikut kami jabarkan kembali lanjutan terjemahan kitab iman karya DR.Muhammad Na'im Yaasiin yang dibahasa di pertemuan keempat. Selanjutnya bagi yang tidak hadir, mohon untuk mempelajari bahan terjemahan berikut agar tidak ketinggalan.jika ada kesalahan qir'aah dan terjemahan mohon dikoreksi, dan jika ada yang ingin ditanyakan seputar nahwu shorf terkait perubahan syakal tiap katanya silahkan didiskusikan disini.

Bersama ini kami infokan kepada Ikhwah fillah peserta kajian semua, bahwa di bulan Ramadhan ini 1432 H , kajian akan di intensifkan tiap malam bersamaan dengan program i'tikaf 10 Hari terakhir di masjid Al-Mumtaz bagi ikhwan bersama Ustad Harjani Hefni, dan yang akhwat di rumah ustad bersama istri beliau.

Semoga kita semua dianugrahi Cahaya ilmu dari Allah di dada kita semua. Amiin





ومن جهة اخرى فان الخالق المالك المدبر هو الجدير وحده بصفات الجلال والجمال و الكمال، لان هذه الصفات لاتكون الا لرب العالمين ، اذ يستحيل ثبوت الربوبية والملك لمن ليس بحي ولا سميع ولا بصير ولاقادرولامتكلم ولافعال لما يريد ولاحكيم
قي اقواله و افعاله (٦

Wa min jihati ukhro fainnal khooliqul maalikul mudabbiru huwal jadiiru wahdahu bishifaatil jalaali wal jamaali wal kamaali, liana hadzihis shifaati laa takuunu illa lirabbil ‘aalamiin, idz yastahiilu tsubuutur rubuubiyati walmaliki liman laisa bihayyin wa laa samii’in wa laa qoodirin wa laa mutakallimin wa laa fa’aalin limaa yuriidu wa laa hakiimin fie aqwaalihi wa af’aalihi (٦).

Dan dari penjelasan lain bahwa sesungguhnya Pencipta, Raja , hanyalah Dia (Allah) Yang satu-satunya layak memiliki sifat agung , indah, dan sempurna karena sifat ini tidak mungkin dimilki kecuali oleh Tuhan Semesta Alam, oleh karena itu sangatlah mustahil penetapan Rububiyah dan kerajaan kepada yang tidak hidup, mendengar, berkuasa, berbicara, dan tidak mampu melakukan apa yang dia inginkan dan tidak bijaksana dalam perkataan dan pekerjaannya.[6]

ولهذا فان نجد ان القران الكريم قد ذكر هذا النوع من التوحيد في مقام الحمد لله ، وعبادته، ولانقيادله والا ستسلام ٠ و في مقام
بيان صفاته الجليلة و اسمائه الحسنى =

Wa lihadza fainna najidu annal qur’aanal kariima qod dzakara hadzan naw’a minat tauhiidi fie maqoomil hamdulillahi, wa ‘ibaadatihi, wal inqiyaadi lahu wal istislaami. Wa fie maqoomi bayaani shifaatihil jaliilati wa asmaa-ihil husna

Dan  kami menemukan bahwasanya Al-Qur’an Al-Karim telah menyebutkan tauhid jenis ini dalam penjelasan(Maqom) “Alhamdulillah”, beribdah kepadaNya, tunduk kepadaNya, dan berserah kepadaNya. Dan dalam penjelasan sifat AgungNya dan Nama-NamaNya yang Baik

ففي مقام الحمد يتلو المسلم في كل ركعة يصليها {الحمد لله رب العالمين} (٧) ويقول سبحانه و تعالي {فلله الحمد رب السموات ورب الارض ربالعالمين}

Fa fie maqoomil hamdi yatluul muslimu fie kulli rok’atin yusholliihaa { Alhamdulillahi robbil ‘aalamiin} (٧) wa yaquulu subhaanahu wa ta’aalaa { Falillahil hamdu robbis samawaati wa robbil ardhi wa robbil ‘alaamiin}  [١٠]

Dan dalam penjelasan “Alhamdu” Setiap Muslim membacanya di setiap raka’at Sholatnya { Segala Puji Tuhan Semesta Alam } [7] dan Allah SWT berfirman { Segala Puji Hanya bagi Allah Tuhan(pemilik) langit dan bumi, Tuhan seluruh alam } [8]

و في مقام الاستسلام لله والانقياد له قال عزوجل { قل ان هدي الله هو الهدي و امرنا لنسلم لرب العالمين } (٩

Wa fie maqoomil istislaamillahi wal inqiyaadi lahu qoola azza wa jalla { Qul innal hudallahi huwal hudaa wa umirnaa linaslama lirobbil ‘aalamiin} [٩]

Dan dalam penjelasan berserah diri kepada Allah serta ketundukan kepadaNya. Allah Azza wa Jalla berfirman { Katakanlah sesungguhnya petunjuk ini adalah petunjuk dari Allah dan kami disuruh untuk berserah diri kepada Tuhan Semesta Alam} [9]

و في مقام التوجه لله عز و جل و اخلاص القصد اليه قال عز و جل { فل ان صلاتي و نسكي و محياي و مماتي لله رب العالمين } (١٠

Wa fie maqoomit tawajjuhillahi azza wa jalla wa ikhlaashil qoshdi ilaihi qoola azza wa jalla { qul inna sholaatiy wa nusukiiy wa mahyaaya wa mamaatiy lillahi robbil ‘aaalamiin} [١٠]

Dan dalam penjelasan menghadapkan wajah kepada Allah azza wa jalla dengan maksud yang ikhlas kepadaNya, Allah Azza Wa Jalla berfirman { Katakanlah : Sesungguhnya sholatku , ibadahku, hidupku, matiku, hanya kepada Allah Tuhan semesta Alam } [10]

و في مقام تولي الله عز و جل دون غيره قال سبحانه { قل اغير الله أتخذ و ليا، فاطرالسموات والارض، وهو يطعم ولا يطعم ، قل اني امرت ان اكون اول من اسلم ، ولا تكونن من المشركين } (١١

Wa fie maqoomi tawallallahi azza wa jalla duuna ghoyrihi qoola subhaanahu { Qul iaghoyrullahi ittahidzu waliyya, faathiris samawaati wal ardhi, wa huwa yuth’imu wa laa yuth’am qul inniy umirtu an akuuna awwalu man aslama, wa laa takuunanna minal musyrikiin} [١١]

Dan dalam penjelasan berwali kepada Allah Azza Wa Jalla dan tidak kepada SelainNya , Allah SWT berfirman { Katakanlah apakah ada selain Allah yang layak diambil sebagai wali, pencipta langit dan bumi, yang memberi makan dan tidak diberi makan. Katakanlah : sesungguhnya saya diperintahkan untuk menjadi orang yang pertama kali berserah diri, dan janganlah kalian menjadi musyrik }[11]

وفي مقام الدعاع قال عز و جل { الا له الخلق والامر تبارك الله رب العالمين . ادعوا ربكم تضرعا و خفية انه لا يحب المعتدين
Wa fie maqoomid du’aa’I qoola azza wa jalla { alaa lahul kholqu wal amru tabaarakallahu robbil ‘aalamiin. Id’uu rabbakum tadhurru’an wa khufyatan innahu laa yuhibbul mu’tadiin} [12]

Dan dalam penjelasan Do’a Allah Azza Wa Jalla berfirman { Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Mahasuci Allah, Tuhan seluruh alam . Berdo’alah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampui batas [12]

وفي مقام عبادة الله عز و جل قال سبحانه {و ما لي لا اعبد الذى فطرني واليه ترجعون } (١٣)، وقال ايضا { يا أيها الناس اعبدوا ربكم الذي خلقكم والذي من قبلكم لعلكم تتقون . الذي جعل لكم الارض فراشا والسماء بناء وانزل من السماء ماء ، فأخرج به من
الثمرات رزقا لكم، فلا تجعلوا لله أنداد و انتم تعلمون } (١٤

Wa fie maqoomi ‘ibaadatillahi azza wa jalla qoola subhaanahu { wa maa liy laa ‘abudullaziy fathoroniy wa ilaihi turja’uun} [١٣] , wa qoola aidhoon { yaa ayyuhaannasu’buduu robbakumullaziiy kholaqoqum wallaziiy min qoblikum la’allakum tattaquun. Alladziy ja’ala lakumul ‘ardho firoosyan was samaa-a binaa-an wa anzala minas samaa-i maa-an , fa akhroja bihi mina tsamaraati rizqonlakum, fa laa taj’aluu lillahi andaadan wa antum ta’lamuun}  [١٤]

Dan dalam penjelasan beribadah kepada Allah Azza wa Jalla. Allah SWT berfirman { Dan tidak ada alas an bagiku untuk menyembah (Allah) yang telah menciptakanku dan hanya kepadaNyalah kamu akan dikembalikan} [13] dan berfirman juga di ayat yang lain { Wahai Manusia beribadahlah kepada Tuhanmu yang menciptakan kalian dan orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa. Yang menjadikan bumi sebagai hamparan dan langit sebagai atap dan menurunkan dari langit air hujan, dan mengeluarkan dari bumi tumbuh-tumbuhan sebagai karunia untuk kelian, maka janganlah kalian mengadakan sekutu bagiNya sedang kalian mengetahui} [14]

فان خالق السموات والارض وما قيهن هو وحده الذي ستحق ان يتخده العبد الها و وليا، ويسلم نفسه اليه ، ويدعوه ، ويتوجه اليه

Fainna khooliqus samawaati wal ardho wa maa fiehinna huwa wahdahu alladziy yastahiqqu an yattahidzahul ‘abdu wa waliyaa, wa yusallimu nafsahu ilaihi, wa yad’uuhu , wa yatawajjahu ilaihi

Sesungguhnya Pencipta langit dan bumi serta apa yang ada diantara keduanya hanya dia sendiri yang berhak dijadikan oleh seorang Hamba sebagi Tuhan dan Wali, dan menyerahkan dirinya kepadaNya, dan berdo’a kepadaNya, dan menghadapkan wajah kepadaNya.

Catatan kaki :
[7]   Alfatihah ayat 2
[8]   Al Jatsiyah ayat 36
[9]   Al An'am ayat 71
[10] Al An'am ayat 162
[11] Al An'am ayat 14
[12] Al A'raaf ayat 54 & 55
[13] Yaasin ayat 22
[14] Al Baqoroh ayat 21 & 22

0 comments:

Posting Komentar